SonicRun.com ExactSeek.com
Searching...
Rabu, 03 Juli 2013

Beternak Ayam Bangkok, Aduan atau Petarung Bukan Hal yang Mudah?


Hobi memelihara dan bertarung ayam aduan dapat berlanjut pada usaha beternak Ayam aduan. Kenapa bisa berlanjut pada berternak? Setiap orang pasti mempunyai alasan yang berbeda-beda, dari sekedar cari tambahan hingga yang serius menjalankan hobi beternak daripada mengadunya. Beternak Ayam Aduan dapat dikatakan merupakan salah hobi yang dapat menghasilkan tambahan bagi keuangan. Peluang ini dapat dilihat dengan sangat jelas oleh orang awam sekalipun, lihat saja Ayam aduan dari semasa saya kecil hingga saat ini tiada matinya, terlihat dari banyaknya penggemar ayam aduan baik untuk sekedar pajangan (klangenan) atau pun untuk adu kekuatan ayam. 

Langkah awal bagi anda yang ingin serius terjun pada bidang beternak Ayam Aduan alangkah lebih baiknya anda mensurvey jenis dan kriteria ayam yang jadi kegemaran para bobotoh (pengadu sejati) disekitar anda. Namun untuk jaman serba cepat seperti sekarang dimana media online dapat dijadikan alat pemasaran, survey dapat diperluas pada peminat Ayam Aduan pada cakupan yang lebih luas, ex : Kriteria yang paling diminati pada satu PULAU.  Atau lebih gampangnya jenis ato tipe ayam yang sedang naik daun , karena disetiap daerah bisanya terdapat jenis ayam tertentu yang sedang dicari2. Untuk mencari aman sebaiknya kita dapat menentukan kriteria umum  yang banyak digemari misalnya memiliki teknik yang baik, pukulan yang keras dengan postur tubuh yang bagus.Untuk anda yang memiliki modal besar anda dapat menernakan lebih dari satu/ dua kriteria. misal anda menambahkan kriteria khusu seperti warna bulu, jenis kaki atau jenis katurangga. Dengan semaik banyaknya materi peternakan anda maka anda akan memiliki cakupan pangsa pasar yang lebih luas.


Hal lain yang perlu digaris bawahi adalah pemilihan pacek berkuwalitas lebih baik lagi jika sudah teruji di gelanggang besar maupun kecil (pinggiran red.) tentu juga yang mempunyai rekor win yg baik alias tidak pedot atau pernah kalah. Memang untuk pacek yag memiliki rekor biasanya agak mahal apa lagi sudah win berkali-kali, namun ini akan menambah kepercayaan konsumen untuk membeli kuthuk (anakanya). Kenapa bisa begitu, sudah passti karena Pacek anda yang sudah terkenal lebih dahulu dibanding peternakan anda.  Selain itu babon pendamping sebagai pewaris keturunan harus yang berkwalitas. Untuk memilih biang bisa dikatakan gampang-gampang susah, apalagi Ayam aduan biasanya lebih banyak keturunan betinanya. Ini akan membuat semakin kompleks dalam pememilik biang. Lebih jelasnya dapat dibaca pada artikel Memilih Babon Sebelum Beternak. Dengan pacek dan biang babon berkwalitas biasanya anakan F1 (generasi tingkat 1)akan memiliki nilai jual yang lebih baik dibanding dengan keturunan selanjutnya F2 (generasi tingkat kedua cucu dari pacek kita lebih gampangnya demikian :D).

Sebaiknya pacek yang digunakan bukan pejantan yang dalam fase istirahat bertarung atau mabung. Karena pada masa istirahat kwalitas kejantananya juga akan menurun akibat kelelahan kebutuhan nutisi pemulihan dll. Jadi jadikan pejantan berkualitas anda khusus penghuni kandang. Selanjutnya dalam proses perkawinan (breeding) satu ekor pejantan bisa mengawini 3-4 induk betina. Perkawinan juga bisa dilakukan secara inseminasi buatan, tetapi cara ini jarang dilakukan karena cara perkawinan alamiah terhitung cukup gampang dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membeli peralatan inseminasi. Induk (biang) yang telah dikawinkan akan bertelur seminggu-3minggu setelah dikawinkan. Induk betina Ayam Aduan bertelur terbatas/lebih sedikit dibanding indukan ayam kampung. Jadi untuk menghemat waktu eram biang anda dapat memanfaatkan mesin tetas telur. Untuk usaha skala kecil, penetasan bisa dilakukan oleh induknya, tetapi untuk usaha berskala besar, terutama peternakan yang menjual anakan (DOC), penetasan dengan mesin tetas dapat mempercepat kapasitas produksinya. Akan tetapi jika anda ingin menjaga kwalitas keturunannya sebaiknya anda menetaskanya secara alami higga disapih oleh indukanya, biasanya ini berpengaruh pada kesehatan dan mentalnya.

Keuntungan usaha ternak ayam Aduan berkwalitas.
*Keuntungan yang didapat cukup besar, apalagi hasil ternak tersebut bisa menang dan cukup terkenal (butuh proses)
*Pasar tebuka lebar selain penghobby
*Bila hasil tidak sesui dengan yang di inginkan masih bisa dijual ke pasar sebagai ayam potong (biasanya menutupi modalpembelian pakan).
*Dalam mencari pakan tidak sulit karena sudah tersedia di toko – toko/hasil bumi lainya
*Bisa dilakukan dengan modal kecil, sehinga cepat balik modal BEP

Kelemahan Usaha ternak ayam bangkok.
*Perawatan gampang2 susah dengan biaya dan waktu yang ekstra, bagi penghobi ini menyenangkan
*Hewan unggas mudah terserang penyakit, begitu juga dengan ayam Aduan
*Sering terjadi pencurian terhadap ayam.
*Hasil usaha ternak ayam bangkok banyak yang betina dari pada pejantan.
*Awal usaha anda merupakan kunci keberhasilan, jika hasil ternak anda bagus maka pelangga akan datang namun jika hasil ternak awal anda yang dilempar kepasar kurang baik, pelanggan akan enggan.

Demikian urainan singkat tentang beternak ayam aduan semoga bermanfaat
Salam petok……petok,, Salah benarnya silahkan dikoment kritik saran tetap kami Apresiasi

2 komentar:

BeritaBolaTerbaru mengatakan...

Ayam Aduan

dewisari mengatakan...

ayo bagi yg suka maen judi ayam on line tarung sampai mati
di bolavita tempat nya banyak sekali bonus2 menarik
dan game2 on line terlengakap se indonesia
dengan pelayanan 24 jam yg sangat ramah

ayo segera daftar dan buktikan sendiri
info lbh lanjut:

whatup : +62812-2222-995

 
Back to top!