SonicRun.com ExactSeek.com
Searching...
Senin, 17 Juni 2013

Beberapa Teknik Pukul Ayam Petarung

Halo sobat-sobat perayaman pertengahan bulan juni ini saya akan mencoba mngutarakan beberapa teknik-teknik Ayam dalam bertarung/sabung. Teknik yang akan saya bahas merupakan teknik yang secara umum perlu diketahui terutama bagi pemula yang belum begitu memahami kemampuan teknik ayam (jurus jurusnya lah,,,Lebay dikit )  dalam sabung. Sebenarnya apapun tekniknya ayam bisa saja menang dalam bertarung tergantung pada beberapahal. Termasuk lawan serta kondisi ayam irtu sendiri.

Artikel ini mungkin sudah banyak yang memposting dengan penyempurnaan semoga dapat lebih bermanfaat. Untuk lebih singkat saya akan jabarkan dalam point point saja supaya lebih sederhana dan mudah dipahami. Silahkan dikunyah-kunyah ini point sobat perayaman :
  1. Teknik Pukulan Satu, terkenal dengan fisiknya yang kuat, dadanya tegap, serta pundak & lehernya tidak beruas. Pukulan ayam jenis ini hanya satu persatu, tetapi ketika pukulan tersebut tepat mengenai lawannya, maka hampir dapat dipastikan lawannya akan kaget & terpojok. Teknik pukulan yg biasa dipakai adalah pukul depan & pukul serong (nggunting).
  2. Teknik Pukulan Seri, ditandai banyaknya pukulan yang dilepaskan secara cepat (gancang) namun terkadang pukulannya kurang akurat. Apabila ayam tersebut berasal dari induk yang pernah menjadi juara kalangan, pukulannya sangat akurat sehingga tidak akan lama menghabisi musuhnya. Ayam bangkok dengan teknik pukulan seri biasanya mempunyai gerakan yang sangat lincah, gesit & lebih suka memukul lawannya dari arah depan.
  3. Teknik (lock) Kunci Pukul, Teknik ini sangat ditakuti karena sangat sulit dipukul oleh lawan dan mampu mengunci gerakan kepala & leher lawan (menutup pergerakan lawan). Caranya adalah menindih kepala & leher lawan sehingga lawan mengalami kesulitan mencari kepala musuh. Pukulan serong adalah senjata terbaiknya untuk memukul balik lawan. Jika terkena pukulan ini, bagian atas leher & kepala lawan bisa robek atau bengkak.
  4. Teknik Pukulan Belakang, Teknik pukulan belakang termasuk unik, karena suka menyerang & memukul lawannya dari arah belakang. Selain terkenal sangat ampuh & mematikan, pukulan dari belakang juga sulit diantisipasi lawan. Ketika bertarung, ayam akan masuk & mematuk kepala lawan, lalu dengan gerakan yang cepat memutar badan & memukul dari belakang.
  5. Teknik Pukulan Teleh atau Janggut, Sebelum memukul, ayam akan memainkan kepalanya di bawah leher lawan. Kemudian dari bawah dagu lawan akan melepaskan pukulan yang sangat keras. Kekuatan pukulan tersebut menjadi dua kali lipat karena tenaga lawan yang bersiap untuk melakukan pukulan ikut tersedot sehingga bebannya menjadi dua kali lipat.
  6. Teknik Ngoyor, Teknik pukulan jenis ini termasuk yang paling buruk, sebab musuh dapat dengan mudah memukul kepala karena sering berada di bawah (ngumpan). Namun, jika posisi kepalanya sangat rendah musuh akan mengalami kesulitan untuk melakukan pukulan. Ayam dengan gaya bertarung seperti ini hanya mempunyai senjata andalan berupa pukulan satu dan biasanya sangat keras.
  7. Teknik Ayam Lari, Teknik ayam lari merupakan teknik dimana ayam cenderung lari ketika bertarung, namun sekali waktu disaat lawan sedang susah mengejar dan sedikit terbuka ayam jenis lari akan berbalik memukul dan kemudian lari lagi. Dengan demikian ayam akan sulit dipukul telak oleh lawan. Baru-baru ini tekik ini ada peminatnya sendiri terutama dalam breeding. Untuk dikombinasikan dengan teknik-teknik lainya, dengan tujuan peningkatan kwalitas tarung ayam.
Akan lebih baik jika  kita jangan terjebak dgn 'keindahan' teknik semata. Pada prinsipnya, ayam dengan teknik bagus itu adalah ayam yg sulit dipukul. Sebelum menganalisa teknik. Ada baiknya kita memahami prinsip2nya dulu. Setiap Ayam aduan yangg bertarung harus memiliki pertahanan dan penyerangan yg baik. Teknik/gaya tarung ayam itu adalah sebuah pertahanan (defense), yaitu gaya atau cara ayam laga bertarung agar sulit dipukul musuh. Sementara utk serangan (offense), adalah pukulan yang akurat dan mematikan.
Ada juga istilah-istilah lain  seperti : 
Nyayap-Teknik ini adalah kepala masuk ke sayap lawan  
Mranggal - pukulan yang dilancarkan tanpa mematuk/pegangan lawan 
Ngalung - identik dengan superlock/mbangkol/menekan leher lawan dari atas  
Mbrakot - mukul dengan pegangan pundak/badan lawan 
Kontrol - dominan menjaga kepala lawan dengan tengokan leher kiri kanan 
Superlock - identik dengan ngalung 
Dongkrak - masuk kolong dari depan tembus belakang 
Ngendul - kepala dominan dibawah tapi terus bergerak jika dipatuk semakin ditekan kebawah 
Tarik dasi - pukulan cepat dari depan arah rahang/leher lawan 
Pukul bom / berat - pukulan yang berefek bagi lawan  
Pukul jalu-Pukulan dengan jalu yg selalu masuk 
Nggandul-Teknik ini mirip dengan ngalung tetapi gerakan leher lebih menumpang dibanding merengkuh sehingga lawan juga akan menanggung beban karena ‘ditumpangi’.
Istilah setiap daerah akan berbeda-beda penjelasannya pun berbeda,
Semoga bermanfaat….Petok petok…Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan

0 komentar:

 
Back to top!